Mata Kuliah Pendidikan Karakter; Penggunaan Gadget Bagi Anak






Gadget atau Handphone adalah Ponsel Pintar yang menyediakan semua kebutuhan informasi saat ini, terlebih Setelah hadirnya AI (Artificial intelligent) seperti ChatGPT Ponsel semakin menguasai sendi kehidupan dan semakin tidak bisa lepas dari lentiknya jari tangan. 

Ini sangat berbahaya bagi perkembangan kejiwaan dan perkembangan anak. Maka berikut ini dipaparkan bagaimana orang tua bisa menyiasati gadget pada anak. 


✅ Penggunaan Gadget harus memenuhi syarat 3 D. 


1. Dibutuhkan, dibutuhkan untuk mengerjakan PR, sehari boleh 2 jam, dibutuhkan untuk mendengarkan ceramah agama. 


2. Anak Harus diberikan pijakan dengan kata "Dipinjamkan", semua gadget harus atas nama orangtua, hp, ipad dan laptop, setiap kali anak meminjam juga harus atas izin dan ketentuan orangtua. Namanya meminjam, segera kembalikan jika sudah selesai. Latih anak jadi peminjam yang amanah. 

{ وَلَا تُؤۡتُوا۟ ٱلسُّفَهَاۤءَ أَمۡوَ ٰ⁠لَكُمُ ٱلَّتِی جَعَلَ ٱللَّهُ لَكُمۡ قِیَـٰمࣰا وَٱرۡزُقُوهُمۡ فِیهَا وَٱكۡسُوهُمۡ وَقُولُوا۟ لَهُمۡ قَوۡلࣰا مَّعۡرُوفࣰا }

[Surat An-Nisa': 5]

Dan janganlah kamu serahkan kepada orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaan) kamu yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.

Handphone adalah harta orang tua yang dalam penggunaannya harus atas seizin orangtua. 


3. Didampingi orangtuanya saat digunakan. 

Anak bisa punya gadget sendiri minimal saat usia 18 tahun, itu juga tergantung kesiapan mental anak, maka didiklah anak dengan benar, agar tepat dan layak diberikan gadget. 

Karena kita yang sudah jadi orangtua saja belum tentu lulus mengendalikan diri dari gadget.

Memang sudah jamannya gadget dan online di era saat ini, untuk orangtua yang ingin anaknya bermain tanpa gadget, maka setidaknya sediakan 5 permainan di rumah tanpa gadget dan ikutan bermain bersama anak.


✅ Lego

✅ Sepeda

✅ Bermain peran, rumah-an

✅ Rubik 

✅ Buku

Atau hadirkan hewan peliharaan di rumah seperti ;

✅ Kucing ✅ Kelinci ✅ Kambing ✅ Ikan✅ Ayam

Atau kalaupun ingin mengurangi dulu secara bertahap pemakaian gadget untuk bermain si anak, mintalah anak mencari setidaknya 3 alasan dia harus bermain game itu untuk kehidupannya.


✅ Mendidik tidak mendadak. 


2 kaidah Parenting usia dini untuk mengkounter Gadget ;


1. Gak tegaan adalah musibah, Nggak Tegaan Menyesal Kemudian. 


2. Siapa bosnya? Orang tua atau Anak. Jika anak sudah menjadi Bos dalam keluarga maka inilah awal dari kehancuran masa depan mereka. 


1. Gak Tegaan

Ajak anak untuk membantu pekerjaan rumah Dari pekerjaan yang besar hingga remeh temeh. Tentunya beban pekerjaan disesuaikan dengan usianya.

Misalnya usia 3-4 tahun, mulai dari latihan membereskan mainannya sendiri.

Usia 5-6 tahun, Latihan menyapu lantai dst.

Usia 7-8 tahun, ikut beres-beres rumah, hingga menstrika pakaiaan. 

Tidak ada patokan baku soal usia, pembagian kerja dilihat pada kesanggupan anak saja.Kalau pun ada asisten rumah tangga, tetap latih anak dengan kerja-kerja fisik tersebut. Beri mereka tugas tertentu yang tidak dikerjakan pembantu rumah tangga. 

Tegaskan soal main HP dan gadget dan tetapkan batas waktunya.Tegaskan soal bermain. Ada waktu main

Ada waktu membantu ibu di rumah ini bukan membebani anak. Ini justru menyiapkan mereka akan masa depan.

Sebab hidup ini butuh tanggung jawab. Dan tanggung jawab itu harus dilatih. Jangan sampai dari keluarga kecil kita lahir anak manja dan pemalas. 

Biarkan mereka merasakan bagaimana rasanya bertanggung jawab. Biar mereka merasakan apa itu letih. Biar mereka merasakan bagaimana rasanya berkontribusi kepada pihak diluar dirinya.

Sebab tak selamanya orang tua akan mendampingi mereka. Akan ada saatnya mereka berpisah dengan kita dan membentuk keluarga kecilnya sendiri.

Jika saat itu tiba, pastikan ia sudah mandiri dan siap.

Tidak jadi pasangan hidup yang hanya membebani pasangannya, atau bahkan keluarga besarnya…

Dan itu tidak bisa instan, prosesnya bertahun-tahun dan semua itu harus dimulai sejak dini.

Kalau kita kebanyakan nggak tegaan, bahkan pada tugas-tugas yang sangat kecil. Siap-siap menyesal kemudian…

Jika anak dibiarkan dengan gadget nya, mereka hanya akan mengenal hidup dari layar kecil (gadgetnya) saja, mereka tidak akan mengenal kehidupan dunia nyata.

Ketika anak tumbuh tidak mandiri. Ketika anak tumbuh tanpa tanggung jawab. Maka mereka sampai dewasa akan selalu bergantung kepada orang tua.  

Mereka Masih harus di”emong” sampai tua, bahkan hingga mereka berkeluarga. 

Maka orang tua akan lelah di masa tuanya, karena si anak masih saja membebani mereka kita dengan berbagai masalahnya.

Cegah dari sekarang, latih mereka dari sekarang, siapkan mereka sejak sekarang

Semoga dengannya masa depan mereka

Masa tua kita. Dipenuhi kebahagiaan dan kebaikan

Perbedaan Kepengasuhan Anak laki-laki dan Perempuan. 


Anak laki-laki ;


✅ Anak Laki-laki saat fokus, frekwensi konsentrasi pendengarannya menurun, berikan informasi kepada mereka secara jelas jangan selewat saja. Berikan perintah secara berulang dengan penegasa pada volume suara. Mengapa? Karena Pada otak laki-laki,  corpus collosum mereka lebih tipis, maka mereka cepat fokus dan dan saat mereka fokus maka pendengaran menurun. 


✅ Anak laki-laki saat Dipanggil 4x tidak menanggapi, itu masih pada batas  normal

✅ Anak laki laki harus diperbaharui pijakannya setiap 1 bulan sekali

✅ Menasihati anak laki-laki sebaiknya dalam suasana bergembira, saat makan, jangan saat perutnya kosong. Tidak bermanfaat sama sekali. 

✅ Anak laki-laki disebut Adict atau Kecanduan game online saat sampai pada fase main game dengan uang betulan. 

Solusinya : Berikan obat otak dari dokter, arahkan kepada develope Game bukan bermain game. , berikan edukasi kepada orang tua nya. 

✅ Jangan kenalkan gadget 0 sd 2 thn atau 30 bulan

✅ Anak laki-laki dan suami lebih suka melihat benda, otak kanan lebih dominan

✅ Anak laki usia SD belum bisa menganalisa karena yg berkembang otak kanan. Sementara menganalisa adalah kerjaan otak kiri

✅ Anak laki-laki sangat menyukai  benda yang berbentuk, misal gadget. Gunakan gadget atau tulisan utk menyampaikan sesuatu yg baik. Bisa dengan pesan melalui pesan Whatsapp, SMS atau Tulisan pada kertas.

✅ Anak laki-laki kurang menyukai kontak mata

✅ Anak laki-laki Tidak menyukai kata-kata yang terlalu panjang. Berbicara dengan anak laki-laki itu sedikit-sedikit saja, di jeda nanti dilanjut akan tetapi harus dengan topik yang sama jangan tiba-tiba  berganti topik.

✅ Sudut pandang mata anak laki-laki lebih sempit, makanya wajar jika agak kesusahan saat mencari sesuatu. Akan tetapi sudut pandangan mereka ke depan sangat panjang. Makanya tidak heran banyak dari mereka hobi berburu. 

✅ Secara umum anak laki laki adalah petualang Outdoor, ekstrovert. Tapi tidak semua. 

✅ Bagian otak yaitu Hipotalamus laki-laki 2.5 X lebih besar dari perempuan. 


Fungsi Hipotalamus adalah:


1. Hipotalamus merupakan insting pembelaan diri, Menjaga keamanan diri, ibunya dan keluarganya.


2. Hipotalamus juga merupakan pusat lapar dan haus. 


3. Pusat syahwat. Syahwat berlebihan pada laki laki bisa disalurkankepada kegiatan olahraga,permainan dan yang paling efektif adalah berpuasa. 

Anak laki-laki  yang sudah baligh, memiliki siklus Hormonal nya sekitar 3 minggu sekali, persis seperti menstruasi.

Maka Sangat penting memahami perbedaan fitrah ini.


Tips memahami karakter anak laki laki ;


✅ Hendaknya menyampaikan informasi kepada anak laki-laki laki melalui tulisan baik itu SMS, Whatsapp dll. Karena efek nya jauh lebih baik karena mereka tidak suka diberikan informasi secara tatap muka. Info secara tertutup ini mudah direnungi bagi mereka. 


✅ Anak laki-laki tidak suka nasihat dan aturan di dalam rumah. Silahkan, Bisa dicoba dengan memberikan nasihat aturan ketika di luar rumah, misal saat makan di luar, berlibur dll. 


Mengenal Kepengasuhan anak perempuan

✅ Dibagian tengah Otak perempuan ada bagian yang bertugas dalam urusan tanggung jawab, 

✅ Perempuan berbicara minimal 20 ribu kata, selebihnya mendengarkan.

✅ Di bagian depan otak perempuan ada bagian yang senang mengumpulkan koleksi barang Pakaian dll, 

✅ Corpus collosum perempuan lebih tebal 30% dibanding laki-laki, sehingga perempuan lebih mampu melakukan berbagai hal secara bersamaan (multi tasking) dibanding laki laki. 

✅ Di Bagian belakang otak permpuan ada Pusat syaraf kecemburuan juga ada sel belanja. Tidak ada program olahraga pada otak perempuan, adanya program belanja 

✅ Hidung perempuan sensitif, Spasial perempuan lebih lemah artinya 88% perempuan kesulitan membaca peta google map sering keliru dalam menunjuk arah 

✅ Perempuan lebih suka memaka cincin di kiri dan jam tangan di kanan. 

✅ Anak perempuan senang dilihat wajahnya, bicaralah dengan mereka dengan cara melihat wajahnya (Maksudnya yang Semahram). 

✅ Sudut pandang mata perempuan lebih luas (ke arah kiri dan kanan), tapi pendek ke depan. Karena sel kerucut retinanya wanita lebih banyak. Sehingga wanita dikenal sebagai penemu barang yang ulung saat barang itu tersembunyi. 

✅ Perempuan secara umum adalah kaum introvert (Indoor). Meskipun tidak semuanya. 

___

Kuliah Bagus 

wa.me/6281317002011

0 Komentar